Skip to main content

Gambaran Umum Studi S2 di Australia




Bismillahirrahmanirrahim

Gambaran Umum Studi S2 di Australia

Hello, nama saya Anita. I came from Aceh. Now im stay in Jakarta. Dari dulu pada saat saya masih kecil, saya sangat berkeinginan untuk kuliah di luar negeri, khusus nya di Australia. Sehingga tertanm lah dalam diri saya niat yang bahwa saya ingin pergi ke sana. Dan saya bersyukur ternyata Tuhan saying sama saya dan saya lulus dalam seleksi Youth Connection 2016. Thanks Allah and Thanks YC. Berikut saya akan memberikan deskripsi yang saya ketahui bagaimana gambaran umum kuliah di Australia.

Di Australia, setiap mata kuliah/topik di program dengan sangat baik  terutama tentang penilaian. Penilaian akhir tidak semata mata tergantung dari nilai ujian akhir, tetapi di himpun dari semua aspek penugasan. Dalam setiap mata kuliah selalu ada tugas tugas  dimana penugasan ini mempunyai bobot tersendiri yang tertuang dalam “Statement of Assessment Methods (SAM)”. Di dalam SAM ini di jelaskan  semua informasi tentang mata kuliah beserta penugasan dan penilaiannya, diantaranya  adalah bobot masing masing penugasan dari total nilai, deadline untuk menyerahkan tugas dan juga tanggal pengengembalian tugas yang sudah di koreksi (feedback) oleh dosen yang bersangkutan.
Seperti contoh, beberapa penugasan antara lain presentasi perorangan dengan bobot  15%, membuat essay dengan bobot 25%, laporan praktikum dengan bobot 20%, tugas kelompok dengan bobot 10 % dan akhirnya ujian akhir dengan bobot tersisa 30% yang semuanya nanti akan di hitung secara kumulatif. Jadi, untuk ujian yang  hanya tersisa dengan bobot 30% rasanya amat mustahil untuk tidak lulus dalam mata kuliah tersebut. Karena nilai yang satu bisa menutupi nilai yang lain, termasuk nilai ujian yang kurang bagus bisa tertutupi dengan nilai penugasan lain. Selain itu, bobot ujian yang tinggal 30% mempunyai efek psikologis yang sangat baik dan tentunya kondisi seperti ini sangat menguntungkan mahasiswa. Semakin stress dalam menghadapi ujian, semakin tidak siap dan hasilnya pasti semakin tidak maksimal.
Disamping itu, untuk satu penugasan pun di atur secara tegas aspek-aspek  penilaiannya,  apa saja yang harus di lakukan, formatnya, jumlah kata atau halamannya bahkan sampai jenis dan besar huruf , serta  spasinya pun sudah di tentukan. Jadi, mahasiswa tahu apa yang harus di kerjakan dan poin poin apa yang harus di penuhi dalam penugasan tersebut. Sehingga bila mahasiswa bersungguh sungguh dalam mengerjakan tugas ini, maka tidak heran mahasiswa bisa mendapatkan nilai yang tinggi.  Yang terpenting lagi, semua penugasan selalu diberikan nilai dan feedback dalam waktu 2-3 minggu setelah tugas dikumpulkan sehingga para mahasiswa sudah dapat menghitung nilai nilai yang di diperoleh  dan dapat mengira ngira  berapa nilai minimal ujian akhir yang harus dicapai agar lulus dalam mata kuliah tersebut. Nah itu gambaran umum studi S2 nya. Dan sekarang saya akan melanjutkan dengan kehidupan mahasiswa nya.
Kehidupan Mahasiswa di Australia

Guys, kehidupan mahasiswa di Australia itu sangat beragam.

 Biaya hidup

Peraturan di Australia mengharuskan mahasiswa internasional untuk menunjukkan bukti bahwa mereka dapat menunjang diri mereka sendiri. Ini untuk memastikan mahasiswa luar negeri agar dapat tinggal dengan nyaman, aman dan nikmat selama berada di Australia. Mahasiswa internasional dapat menambah gaya hidup mereka melalui pekerjaan paruh waktu, namun persyaratan 'biaya hidup' membantu untuk memastikan kesuksesan mahasiswa pada masa kuliah mereka sehingga mereka tidak harus bergantung pada pekerjaan untuk menutupi segala pengeluaran mereka.

Sejak 1 Januari 2010 pendaftar visa calon mahasiswa, dan anggota keluarga mereka, wajib memiliki akses kepada dana berikut ini untuk memenuhi persyaratan biaya hidup:
• A$18.000 per tahun untuk mahasiswa utama
• A$6.300 per tahun untuk pasangannya mahasiswa
• A$3.600 per tahun untuk anak pertama mahasiswa dan
• A$2.700 per tahun untuk setiap anak lainnya dan di mana diperlukan.

Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi
immi.gov.au ya guys,,,

Di bawah ini disajikan beberapa perkiraan biaya untuk belanja rumah tangga dan barang lainnya.

• Seloyang roti - A$2.50 sampai A$4.00
• Dua liter susu - A$2.20 sampai A$3.60
• Koran - A$1.50 sampai A$3.00;
• Sekotak sereal sarapan - A$3.00 sampai A$5.60
• 100 kantung teh - A$3.50 - A$5.00
• Sebotol minuman ringan - A$1.50 sampai A$3.00;
• Sebotol sampo - A$2.50 sampai A$6.50;
• Daging cincang (500 gram) - A$3.00 sampai A$7.50
• Paha ayam tanpa tulang (500 gram) - A$5.50 sampai A$7.00

Untuk informasi lebih lanjut tentang penyusunan anggaran kunjungi
understandingmoney.gov.au

Hiburan dengan anggaran ketat

Australia memiliki banyak untuk ditawarkan kepada mereka dengan anggaran ketat. Ketika kamu sudah mendapatkan keindahan alam yang mengagumkan di ambang pintu, iklim yang nyaman sepanjang tahun, dan banyak taman-taman nasional dan pantai untuk berjalan-jalan, berlari atau bersepeda sepanjang pantai, kamu tidak perlu membelanjakan dolar kamu untuk mendapatkan kesenangan.

Kegiatan bebas biaya lainnya di Australia termasuk: Berkunjung ke banyak pasar akhir pekan yang penuh keramaian dan fantastis; belajar tentang seni dan sejarah Australia di galeri bebas biaya dan museum; atau saksikan salah satu festival Australia yang berlangsung di kota dan pantai di seluruh negara bagian. Setiap tahun keluarga Australia berkumpul bersama di luar rumah untuk mengikuti festival makanan, anggur dan musik gratis; dan kompetisi berselancar untuk penyelamatan adalah yang biasa dilakukan pada musim panas di pantai.

Orang Australia sangat suka berada di luar rumah sehingga selalu ada banyak kesenangan gratis yang dapat diperoleh. Periksalah koran lokal kamu untuk melihat apa yang sedang berlangsung di area kamu guys,,,  

Makan di luar

Mereka bilang orang Australia adalah bangsa yang mencintai olah raga, tetapi hal yang sama berlaku untuk kecintaan mereka pada makanan. Australia memiliki sejumlah koki terbaik dunia dan restoran pemenang penghargaan. Tidak dapat diragukan lagi, orang Australia menganggap makanan mereka hal yang serius. Berkat pengaruh budaya internasional di Australia di mana kamu dapat makan apa pun dan semuanya; dari Vietnam ke Venezuela, Maroko ke Meksiko, Turki ke Tapas, Jepang, Jerman dan banyak lagi.....

Iklimnya sangat bervariasi dari utara hingga selatan sehingga banyak ragam penawaran hasil pertanian, dan dengan garis pantai yang begitu besar, Australia membanggakan hidangan laut segar, yang berlimpah ruah dan lezat.

Makan di luar adalah cara hidup normal bagi masyarakat Australia dan pada umumnya makan di restoran adalah hal yang cukup biasa. Hal Ini juga sangat terjangkau, dengan beberapa restoran setempat yang lebih kecil mengenakan biaya sekecil $5 untuk hidangan utama. Tentu saja ada beberapa restoran jenjang menengah dan kelas atas juga (untuk lebih royal!) dan di dalam kota-kota utama sudah pasti tidak ada kekurangan tempat untuk menemukan makanan yang baik!

Di Australia banyak restoran adalah BYO (Bawa Sendiri) yang artinya kamu dapat menghemat uang cukup banyak untuk tagihannya. Jika restoran mengatakan BYO, kamu diperbolehkan untuk membawa minuman beralkohol sendiri. Biaya "melepas sumbatan" kecil sering kali ditambahkan pada tagihan kamu - pastikan kamu memeriksa berapa biaya melepas sumbatan karena dapat berbeda sangat banyak.

Makan di rumah

Makan di rumah juga merupakan kegembiraan bagi warga Australia, khususnya dalam bulan-bulan musim panas ketika mereka menyalakan api "barbie" (atau barbecue) dan memanggang udang atau 'snags' (sosis). Barbecue akhir pekan adalah cara yang sangat populer untuk bersosialisasi dengan teman di rumah, dan makanan dapat dibeli dengan harga relatif murah di supermarket lokal, pasar tani, atau pasar makanan.

Untuk pembelian makanan sehari-hari ada dua supermarket utama di Australia: Woolworths dan Coles; dan kamu biasanya tidak pernah jauh dari salah satunya di kota-kota utama. IGA adalah supermarket independen yang menawarkan penghematan saat berbelanja. Rantai supermarket lainnya, ALDI, beroperasi di wilayah Eastern Seaboard (NSW, QLD, ACT, VIC) menawarkan para pelanggan nilai belanja lebih baik.

Menjaga kesehatan

Ketika kamu tiba di Australia kamu sebaiknya mendaftar pada dokter lokal/GP.

Australia memiliki sistem kesehatan yang melindungi mahasiswa internasional secara spesifik disebut Overseas Student Health Cover (OSHC). Kamu perlu untuk membeli OSHC sebelum kamu datang ke Australia untuk melindungi kamu pada saat kedatangan. Kamu perlu mempertahankan OSHC selama kamu tinggal berbasis visa mahasiswa di Australia. OSHC kamu  akan membantu kamu  membayar perawatan medis atau rumah sakit apa pun yang mungkin kamu  perlukan selama kamu  belajar di Australia, dan itu akan berperan terhadap biaya dari sebagian besar resep obat-obatan, dan layanan darurat.

Ada lima penyedia OSHC di Australia. Lihat tautan di bawah untuk mendapatkan informasi lebih mendetil tentang masing-masing penyedia:
• Australian Health Management OSHC
• BUPA Australia
• Medibank Private
• OSHC Worldcare
• NIB OSHC

OSHC tidak mencakup perawatan gigi, mata atau fisioterapi. Kamu tetap dapat menggunakan layanan kesehatan ini, namun apabila kamu ingin terlindungi untuk perawatan tersebut kamu akan perlu membeli tambahan asuransi kesehatan pribadi. Nah inilah gambaran umum kehidupan mahasiswa nya. Semoga kita bisa bertemu di sana ya guys, ameen.


Best regards,
Anita ( Pengurus KOHATI PB HMI 2016-2018 )

Comments

Popular posts from this blog

Cantik Alami dengan SAFFRON, Banyak manfaatnya !!

  Hai, udah pada tau belum ni Bunga Safron atau biasa disebut dengan Za'farain. Saffron adalah bunga rempah yang dapat digunakan untuk penyedap, pewarna dan perisa makanan. Namun, walaupun dikenal sebagai bumba masak, safron memiliki jutaan manfaat bagi kita semua. Saffron adalah rempah berbentuk benang halus dan tipis berwarna merah yang berasal dari bunga  Crocus sativus . Ini adalah salah satu rempah termahal di dunia karena cara penanaman dan pemanenannya yang rumit, serta membutuhkan teknik khusus. Selain itu, dibutuhkan 150 bunga untuk memproduksi 1 gram benang saffron. Saffron sendiri terkenal dengan harganya yang sangat fantastis karena mencapai 5.000 USD. Hal ini karena proses budidaya saffron membutuhkan penanganan khusus sehingga tidak mudah. Namun, sebanding dengan harganya, saffron memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan yang menjadikannya semakin istimewa. Lalu, apa saja manfaat saffron? Yuk, simak pembahasan Saya mengenai Manfaat saffron di bawah ini! Saffron sebagai

Hasilkan Uang di waktu Luang? Bisa Dong !!

Hai... Apakah Anda masih punya waktu luang? Apa kebiasaan Anda diwaktu luang itu? Dapatkah kegiatan itu menjadi waktu luang? Wah pasti sangat membahagiakan ya seandainya di waktu luang bisa sambil santai rekening bunyi terus. ye kan? simak ulasan berikut ya. Tapi maaf ini bukan jualan ya.. tapi lebih ke mengajak Anda semua untuk memanfaatkan waktu luang agar menjadi uang. Ina adalah seorang pekerja di sebuah perusahaan multimedia di Bankok. Saat itu, ia tidak terpikir untuk meninggalkan pekerjaan yang memang sudah disukainya tersebut. Berhubung bekerja dengan ritme yang tinggi, Ina selalu meluangkan waktu untuk berlibur ke tempat yang dekat seperti ke Bandung dan Pantai Anyer. Saat berlibur itu, Ina tidak pernah lupa membawa kamera andalan untuk mengabaikan berbagai objek foto yang menarik. Ternyata hobi Ina tersebut Ina banyak mendapatkan respon positif dari teman-teman nya yang suka dengan hasil foto jepretan Ina. Pernah suatu saat ketika ada Kakak dari salah satu teman nya yang mena

Belajar Mencintai Pekerjaan Anda Sekarang !!!!

  Selamat malam semuanya, semoga hari ini adalah hari baik kalian ya. Kita akan membahas terkait hal yang sangat penting sekali apalagi di masa pandemi ginian. Bila mencari pekerjaan baru ataupun berusaha di waktu luang belum menjadi pilihan, maka Anda dapat mulai mencintai pekerjaan saat ini. Ingatkan resep dasarnya, dengan cinta, maka kemungkinan sukses akan semakin besar. Menurut Amy Wrzesniewski dari Yale University, aktivitas seseorang dapat dibagi mejadi tiga, yaitu pekerjaan, karier dan terakhir adalah panggilan. Pekerjaan adalah segala sesuatu yang Anda kerjakan demi mendapatkan bayaran. Anda tidak perlu mengerahkan segenap tenaga, apalagi kecintaan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Kepuasan kerja kerja pun hampir tidak ada dalam kamus. Karier adalah pekerjaan yang Anda lakukan untuk memperoleh bayaran, namun mulai ditumbuhi rasa cinta untuk berkembang. jadi, dengan karier seseorang dapat mengharapkan adanya kenaikan yang signifikan dalam pangkat, tanggung jawab, dan tentu sa